Sabtu, 18 Maret 2017

PRINSIP PRINSISIP AKUNTANSI


Prinsip prinsip akuntansi terdiri dari :
* Kerangka konseptual akuntansi =
1. Tujuan laporan keungan :
·         Berguna bagi perusahaan untuk membuat investasi dan kredit
·         Untuk membantu memperkirakan kas
·         Mengidentifikasi aset aset yang berguna
 2. Karakteristik informasi akuntansi :
·         Relevansi ( apabila membuat perbedaan sebuah keputusan/ dapat dibandingkan)
·         Dapat diandalkan serta sudah diuji kebenaranya
·         Bisa membandingkan perusahaan sendiri dengan perusahaan lain
·         Konsistensi ( suatu prinsip yang digunakan dari tahun ke tahun)
3. Elemen-elemen Akuntansi :
·         Aset
·         Kewajiban
·         Modal
·         Pendapatan
·         Beban
* Asumsi-Asumsi akuntansi =
1.  Asumsia kuntansi satuan uang
2. Asumsi etinitas ekonomi (semua aktifitas ekonomi memiliki tanggung jawab sendiri)
3. Asumsi periode waktu ( suatu aktifitas ekonomi yang dapat dibagi menjadi periode dalam waktu 1,2, 3, 4, 5 atau bakelangsungan usahahkan setiap akhir tahun)
4. Asumsi kelangsungan usaha( dalam perusahaan tidak hanya sementara, serta dapat dijadikan sebagai patokan)
* Prinsip-prinsip akuntansi :
·         Prinsip pendapatan :
·         Metode presentase penyelesaiaan
Biaya dikeluarkan : total estimasi biaya = presentase penyelesaian
Presentase penyelesaian x total pendapatan = pendapatan di akui
Pendapatan diakui – Biaya dikeluarkan = laba kotor
·         Prinsip penandingan/ Pengangkutan beban
Ø  Prinsip suatu pendapatan harus diakui dalam periode tertentu
1.      Metode presentase penyelesaian
2.      Metode angsuran = perolehan x presentase = laba kotor yang akui
Contoh soal dan cara penyelesaianya :
1.      Dunlop company memiliki penjualan secara kredit sebesar $1000.000 pada tahun pertama operasinya. Harga pokok penjualanya sebesar $650.000. dunlop memperoleh $500.000 pada penjualan kredit. Menggunakan metode angsuran, berapakah laba kotor yang harus di akui pada tahun pertama?
2.      Spartan Contruction Company memiliki total pendapatan senilai $230 juta untuk membangun sebuah jembatan. Total estimasi biaya untuk proyek sebesar $170 juta. Biaya yang dikeluarkan pada tahun pertama proyek sebesar $34 juta. Spartan menggunakan metode presentase penyelesaian dengan tepat. Berapa banyak pendaptan dan laba kotor yang harus di akui spartan pda tahun pertama proyek?
Cara penyelesaian :
1.      Diket : penjualan (kredit) = $1000.000
Hpp                      = $650.000
Perolehan kas       =$500.000
            Ditanya : Laba kotor?
            Jawab : Estimasi biaya total = $1000.000 . $650.000
                                                          = $350.000
            Presentase = $ 1000.000 = 2,8 x 100 %  = 28%
                                 $ 350.000
            Laba kotor = $500.000 x 28%  = $ 140.000
2.      Diket : Total Pendapatan           : $230.000.000
Total estimasi biaya       : $170.000.000
Biaya yang dikeluarkan : $34000.000
Ditanya : Pendaptan yang diakui ?
Laba kotor?
Jawaban : Presentase :Biaya yang dikeluarkan x 100 %
                                                Total estimasi
                                    = $ 34000.000               x 100 %
                                       $170.000.000
                                    = 0,2 x 100 %
                                    = 20 %
Pendapatan yang di akui = Presentase x total pendapatan
                                        = 20% x $230.000.000
                                        =  $ 4.6000.000
Laba kotor = pendapatan diakui – biaya yang dikeluarkan
                  = $ 46.000.000- 34.000.000
                  = $ 12.000.000
                                               

Tidak ada komentar:

Posting Komentar